Properti Komersial Tetap Menjanjikan

Properti Komersial Tetap Menjanjikan
Properti Komersial Tetap Menjanjikan
JAKARTA - Perkembangan bisnis properti komersial hingga triwulan ketiga 2012 tetap menjanjikan. Hal ini terlihat dari tingginya pasokan gedung-gedung perkantoran dan apartemen, serta kenaikan harga sewa dan jual yang mencapai 30 persen.

Merujuk data perkembangan properti komersial kuartal III 2012, Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah pasokan perkantoran dengan sistem sewa dan jual di wilayah Jakarta meningkat masing-masing 57 ribu meter persegi.     

Tak butuh waktu lama, pasokan tersebut langsung direspons pasar. Hal ini tecermin dari kenaikan tingkat hunian perkantoran sewa (leased office) sebanyak 98,01 persen dengan tarif sewa Rp 180.105 per meter persegi per bulan. Sedangkan untuk perkantoran jual, membukukan kenaikan 96,32 persen dengan harga jual Rp 21,8 juta per meter persegi.     

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah mengatakan sampai akhir 2012, pihaknya memproyeksi pasokan perkantoran sewa akan meningkat dengan adanya tiga proyek baru dari kawasan central business district (CBD). "Dari tiga proyek tersebut, diharapkan akan mencapai 472.542 meter persegi," ungkapnya kemarin (11/11).

JAKARTA - Perkembangan bisnis properti komersial hingga triwulan ketiga 2012 tetap menjanjikan. Hal ini terlihat dari tingginya pasokan gedung-gedung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News