PT Harus Bisa Tampung Seluruh Ideologi Partai

PT Harus Bisa Tampung Seluruh Ideologi Partai
PT Harus Bisa Tampung Seluruh Ideologi Partai
JAKARTA - Tiga persen bagi pengamat politik dari Universitas Indonesia  Andrinof A Chaniago adalah angka ideal untuk parliamentary threshold (PT). Angka itu berdasarkan pengelompokan 7 ideologi partai politik peserta Pemilu 2009 lalu.

 

”Saya pernah mengelompokkan 38 partai yang ada. Ada 7 ideologi yang hidup di 38 partai tersebut. Sehingga, kita bukakan kesempatan bagi 7 ideologi itu untuk menjadi partai yang berhak,” kata Andrinof, kemarin.

Pertimbangan itu, kata Andrinof, jika mengacu pada besaran 2,5 persen, dirasakan sangat kecil, dan partai akan semakin banyak. Dengan angka 3 persen, partai yang memiliki ideologi sama bisa bergabung. ”Kalau bisa 7 ideologi itu yang lolos di parlemen. Kalau dengan angka 3 persen, saya rasa bisa. Tapi kalau 4 persen, itu akan menghalangi salah satu tujuan dari ideologi itu,” jelasnya.

Mengenai adanya pemaksaan dari parpol besar yang tetap berada pada besaran 4 hingga 5 persen, Andrinof mengatakan, itu merupakan hak dari parpol tersebut. ”Tetapi  hak politik itu juga harus memberikan kesempatan bagi partai lainnya untuk hidup,” tegasnya.

JAKARTA - Tiga persen bagi pengamat politik dari Universitas Indonesia  Andrinof A Chaniago adalah angka ideal untuk parliamentary threshold

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News