PT Mayawana Persada Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Sekitar Wilayah Operasionalnya

PT Mayawana Persada Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Sekitar Wilayah Operasionalnya
Seorang perempuan pekerja di Pusat Pembibitan Akasia PT Mayawana Persada. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - PONTIANAK - Keberadaan PT Mayawana Persada (MP) di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Keberadaan PT MP melalui program-program CSR dan CD yang sudah dilaksanakan terbukti nyata ikut membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Berbagai bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sudah kami lakukan,” kata Humas PT Mayawana Persada Nanang, Senin (23/9).

Nanang menjelaskan ada tiga persoalan mendasar yang dihadapi daerah-daerah berkembang, seperti beberapa desa di Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, yakni terbatasnya infrastruktur, sarana dan perangkat pendidikan dan fasilitas kesehatan.

Menurut dia, dalam hal infrastruktur masalah terletak pada terbatasnya jalan dan jembatan. Di bidang pendidikan, masalah umum yang dihadapi adalah ketersediaan guru, dan perangkat penunjang, seperti buku-buku bahan pendukung bahan ajar.

Dalam bidang kesehatan, yakni ketersediaan perangkat pendukung dan ketersediaan air bersih. Persoalan-persoalan mendasar itu telah diidentifikasi Tim CSR/CD Mayawana Persada ketika perusahaan hutan tanaman industri (HTI) ini mulai berinvestasi di Ketapang dan KKU.

Sejalan dimulainya investasi perusahaan di dua kabupaten tersebut, masalah-masalah sosial masyarakat menjadi perhatian utama. Sejak 2019, atau seiring dengan operasional perusahaan, program-program CSR mulai dirancang dan dijalankan.

CSR dimulai dengan melakukan pemetaan sosial untuk mengetahui kebutuhan mendesak masyarakat setempat. Ternyata yang utama adalah keterbatasan akses transportasi karena tidak tersedianya jalan dan tak adanya jembatan yang menghubungkan antardesa.

PT Mayawana Persada di Kalimantan Barat mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News