PT Tinggi, Pemodal Kendalikan Pemilu

PT Tinggi, Pemodal Kendalikan Pemilu
PT Tinggi, Pemodal Kendalikan Pemilu
JAKARTA - Kuatnya pengaruh modal dalam pemilihan umum legislatif dan presiden, termasuk pemilihan kepala daerah (pemilukada) di Indonesia masih sangat kuat. Hal ini tidak hanya terjadi di negara liberal. Terbukti banyak kalangan pengusaha yang  berlomba-lomba dalam setiap suksesi jabatan politik.

Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi II DP,R Rahadi Zakaria dalam diskusi 'Haramkah Anggota DPR Bergaya Mewah?' di press room DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (18/11).

 

"Pemilih ideologis akan hancur dengan pemberian uang sesaat ketika pilkada dan pemilu. Ini persoalan serius bagi bangsa Indonesia. Pemilih ideologis nyaris tergerus oleh kekuatan modal. Yang punya modal itulah yang bisa memenangkan pertarungan dalam dunia politik," ujarnya.

Untuk mengeliminir hal tersebut, politisi PDIP ini menegaskan, jika rakyat harus punya kesadaran politik. Ini adalah tugas pengamat, akademisi, wartawan untuk tidak tergiring dengan model yang sangat liberalistik dan individualistik ini.

JAKARTA - Kuatnya pengaruh modal dalam pemilihan umum legislatif dan presiden, termasuk pemilihan kepala daerah (pemilukada) di Indonesia masih sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News