Puluhan Dokter Terbaik se-Indonesia Dilatih Barrow Neurological Institute

Puluhan Dokter Terbaik se-Indonesia Dilatih Barrow Neurological Institute
Pusat medis terkemuka di dunia Barrow Neurological Institute (BNI) memberikan pelatihan kepada 20 dokter terbaik se-Indonesia. Foto dok. Kemenkes

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyambut baik pelatihan microsurgery atau bedah mikro dari pusat medis terkemuka di dunia Barrow Neurological Institute (BNI).

Pelatihan diberikan kepada 20 ahli bedah saraf dari 20 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hal ini merupakan bagian dari program transformasi layanan kesehatan untuk mengatasi masalah penyakit stroke yang menjadi momok di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Strok masih menjadi salah satu penyakit yang menelan biaya pengobatan besar dan kasusnya terus meningkat. Diperlukan teknologi kedokteran untuk mencegah strok, salah satunya dengan teknologi microsurgery," kata Menkes Budi Gunadi dalam keterangannya, Minggu (30/6). 

Dengan teknologi di bidang preventif, diharapkan akhir 2024, seluruh provinsi di Indonesia mampu menangani pembedahan clipping pada kasus aneurisma otak dan angka kejadian stroke karena perdarahan pembuluh darah di otak, sehingga kasus strok bisa diturunkan.

Kegiatan pelatihan ini terselenggara atas kerja sama Barrow Neurological Institute (BNI) dalam bidang neurosains dengan RS Pusat Otak Nasional (PON) Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, Kementerian Kesehatan, Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (Perspebsi) dan Aesculap Academy Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, yaitu 29-30 Juni bertempat di RS Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono. Diikuti para ahli bedah saraf dari 10 pusat pendidikan bedah saraf terbaik se-indonesia. 

"Kami berupaya semakismal mungkin meningkatkan kemampuan SDM apalagi strok merupakan pembunuh nomer dua di di Indonesia, dan di bidang saraf, strok penyakit kedua terbanyak setelah cedera kepala dan tumor otak," kata Ketua Perspebsi, Prof. dr. Joni Wahyuhadi SpBS

Pusat medis terkemuka di dunia Barrow Neurological Institute (BNI) memberikan pelatihan kepada 20 dokter terbaik se-Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News