Pusat Kesehatan Untuk Warga Aborigin Australia

Pusat Kesehatan Untuk Warga Aborigin Australia
Pusat Kesehatan Untuk Warga Aborigin Australia

Penyediaan layanan kesehatan bagi warga Aborigin menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Australia.

Untuk memastikan warga Aborigin mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan, pemerintah menggandeng sejumlah yayasan nirlaba untuk berkerja sama.

Yirrkala di kawasan Arnhem Land, adalah salah satu kota kecil di pedalaman Australia yang banyak penghuninya adalah suku Aborigin, penduduk asli benua Australia.

Keberadaannya yang jauh dari pusat kota, menjadikan kota terpencil ini menghadapi tantangan tersendiri untuk akses ke pusat-pusat kesehatan.

Beberapa klinik didirikan di pusat komunitas Aborigin agar masyarakat sekitar bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan gratis.

Salah satu fasilitasnya adalah mobil kesehatan, dimana petugas secara rutin berkeliling memastikan agar warga yang sedang sakit tetap bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan.

"Di klinik Yirrkala, program kami untuk menjangkau anak-anak. Kadang-kadang mereka tidak bisa ke klinik," ujar Cynthia Anderson, petugas medis.

"Jadi sangat penting bagi kami untuk mendatangi mereka, baik di sekolah maupun di rumah."

Penyediaan layanan kesehatan bagi warga Aborigin menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Australia. Untuk memastikan warga Aborigin mendapatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News