Putra Daerah Memimpin, Papua Tak Akan Bergolak

Putra Daerah Memimpin, Papua Tak Akan Bergolak
Putra Daerah Memimpin, Papua Tak Akan Bergolak
JAKARTA - Tokoh masyarakat adat Mimika di Papua, Agapitus Mairimau, menyatakan bahwa provinsi kaya sumber daya alam itu tak akan bergolak jika dipimpin oleh putra daerah. Alasannya, karena putra daerah asli Papua diyakini mampu menguasai daerah dan menyatukan beragam suku di bumi Cendrawasih itu.

"Kepemimpinan oleh putra daerah tak akan membuat masyarakat Papua berpikir untuk keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita tak akan lepas dari NKRI," ujar Agapitus di Jakarta, Minggu (28/10).

Menurutnya, pemimpin daerah yang yang lahir dan besar di Papua tentu memiliki kapasitas untuk bekerjasama dengan aparat keamanan tanpa harus bersinggungan dengan masyarakat adat. Selama ini, kata Agapitus, komunikasi sering tersendat karena masyarakat kerap memandang miring aparat keamanan.

Dia menambahkan, kerjasama dengan aparat keamanan amat penting untuk menekan konflik. "Terutama konflik terkait dengan tambang," tukasnya.

JAKARTA - Tokoh masyarakat adat Mimika di Papua, Agapitus Mairimau, menyatakan bahwa provinsi kaya sumber daya alam itu tak akan bergolak jika dipimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News