Putusan MA Dinilai Inkonstitusional

Putusan MA Dinilai Inkonstitusional
Putusan MA Dinilai Inkonstitusional
JAKARTA - Pengacara Senior, Adnan Buyung Nasution mengatakan surat edaran Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan hanya satu organisasi advokat yang diakui adalah putusan inkonstitusional. Alasannya, putusan itu membatasi hak seseorang untuk membentuk wadah advokat lain.

"Gimana bisa membatasi seseorang memilih advokat tertentu yang dari Peradi. Itu inkonstitusional," katanya sebagai saksi ahli dalam sidang uji materi UU Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (23/3).

Ditambahkan, MA tidak memiliki hak dan kewenangan untuk menyatakan secara sepihak bahwa hanya Peradi satu-satunya wadah pengacara. Namun, Adnan mendukung, satu wadah profesi advokat, namun penyatuan itu harus melewati proses yang demokratis.

"Ini tidak benar. Tidak bisa MA menyatakan ini satu organisasi yang sah. Untuk meningkatkan mutu perlu satu organisasi. Selain itu kalau beragam tidak ada pengawasan. Advokat itu individual berdaulat. Harus secara sukarela demokratis advokat menyerahkan kedaulatannya ke dalam satu organisasi," tuturnya.

JAKARTA - Pengacara Senior, Adnan Buyung Nasution mengatakan surat edaran Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan hanya satu organisasi advokat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News