Qassem Soleimani Disasar Drone, Iran Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump

Qassem Soleimani Disasar Drone, Iran Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump
Warga Iran membawa poster bergambar Komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani. Foto: IRNA

jpnn.com, TEHRAN - Iran benar-benar dendam kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Negeri Para Mullah itu menganggap Trump bertanggung jawab atas pembunuhan terhadap Komandan Pasukan Quds Qassem Soleimani.

Untuk itu, Jaksa Umum Tehran Ali Alqasi-Mehr telah mengeluarkan surat penangkapan terhadap Trump. Surat penangkapan itu juga ditembuskan ke Interpol.

Alqasi mengungkapkan, Trump dan 35 nama lainnya telah teridentifikasi sebagai pihak-pihak yang berkomplot dalam pembunuhan terhadap figur penting di militer Iran itu.

“Tiga puluh enam individu yang bekerja sama, berkolaborasi dan berpartisipasi dalam pembunuhan terhadap Haji Qassem, termasuk otoritas politik dan militer AS serta negara-negara lain telah teridentifikasi,” ujar Alqasi sebagaimana dikutip Tehran Times, Senin (29/6).

Alqasi menjelaskan, Trump ada di puncak daftar nama dalam surat penangkapan itu. Iran akan berupaya membawa Trump ke peradilan setelah Presiden ke-45 AS itu lengser.

Seperti diketahui, pada 3 Januari 2020 serangan udara AS menyasar Soleimani di Bandara Internasional Baghdad, Irak. Soleimani merupakan komandan penting bagi operasi Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) di mancanegara, sekaligus tentara legendaris yang punya peran besar dalam mengalahkan Daesh atau Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Namun, Utusan Khusus AS untuk Iran Brian Hook menganggap surat penangkapan terhadap Donald Trump itu sekadar propaganda politik. Hook meyakini Interpol tak akan mengeluarkan perintah penangkapan terhadap Trump.

“Ini tak ada kaitannya dengan keamanan nasional, perdamaian dunia ataupun mempromosikan stabilitas. Ini sebuah aksi propaganda yang tak seorang pun menganggapnya serius,” ujarnya.(tehrantimes/jpost/jpnn)

Jaksa Umum Tehran Ali Alqasi-Mehr telah mengeluarkan surat penangkapan terhadap Presiden AS Donald Trump terkait insiden kematian Qassem Soleimani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News