Raikkonen Tercepat di Hari Pertama

Raikkonen Tercepat di Hari Pertama
Raikkonen Tercepat di Hari Pertama

jpnn.com - JEREZ - Ferrari layak disebut sebagai tim paling siap menyongsong Formula 1 musim 2014 yang sarat dengan regulasi baru. Dalam uji coba hari pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, kemarin (28/1), Kimi Raikkonen berhasil membukukan catatan waktu tercepat.

Pembalap asal Finlandia itu membukukan 1 menit 27,104 detik. Tercepat kedua adalah pembalap Mercedes Lewis Hamilton dengan 1 menit 27,820 detik. Berikutnya di urutan ketiga, Valtteri Bottas (Wiliams-Mercedes) terpaut cukup jauh dengan 1 menit 30,082 detik.

Tidak hanya tercepat, Ferrari F14T juga mampu berkeliling lintasan paling banyak. Total mobil terbaru Ferrari itu dipacu Raikkonen 31 lap. Pesaing utama F14T kemarin sebenarnya adalah W05 milik Mercedes. Namun, setelah berputar 18 lap, mobil berwarna perak itu menabrak pagar pembatas dan tidak mampu melanjutkan uji coba karena belum ada persediaan suku cadang.

Sebelum mengalami kecelakaan, Hamilton sebenarnya selalu mendominasi catatan waktu. Pembalap asal Inggris itu juga menjadi pembalap pertama yang membukukan catatan waktu.

Sebaliknya, Raikkonen adalah pembalap pertama yang menyebabkan red flag. Hal itu terjadi ketika mobilnya tiba-tiba mogok di tengah lintasan pada percobaan awalnya.

Meski masih mengalami masalah, Hamilton mengaku sangat puas dengan performa mobilnya. "Terlepas dari (kecelakaan) yang terjadi, ini adalah hari yang positif," ucap Hamilton sebagaimana dilansir Autosport. "Kami adalah yang pertama keluar lintasan, membukukan waktu, dan melakukan semua hal yang belum dilakukan tim lain, itu adalah sesuatu yang berharga," lanjutnya.

Analisa awal menyebut bahwa kecelakaan yang dialami Hamilton disebabkan oleh gangguan pada sayap depannya. "Tentu ini butuh analisa lebih jauh. Inilah yang perlu kita lakukan saat ini, melihat dimana sumber masalah dan kami berharap tidak akan memengaruhi uji coba selanjutnya," kata Executive Director Mercedes Toto Wolff.

Sementara itu, tim juara bertahan Red Bull-Renault belum menunjukkan taringnya. Sebastian Vettel baru keluar lintasan sekitar lima menit menjelang sesi uji coba hari pertama berakhir. Berkeliling sirkuit tiga kali, dia tidak membukukan catatan waktu.

JEREZ - Ferrari layak disebut sebagai tim paling siap menyongsong Formula 1 musim 2014 yang sarat dengan regulasi baru. Dalam uji coba hari pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News