Ranomi Bangga Jadi Duta Unicef

Ranomi Bangga Jadi Duta Unicef
Ranomo Kromowidjojo. Foto: foxcrawl.com

jpnn.com - RANOMI Kromowidjojo mendapat kehormatan besar dari Komite Olimpiade Belanda NOC*NSF (Nederlands Olympisch Comit-Nederlandse Sport Federatie) tahun lalu. Pada acara penutupan Olimpiade London 2012, Ranomi dipercaya untuk membawa bendera Negeri Kincir Angin itu.

''Ini sebuah kehormatan besar. Apalagi, empat tahun lalu saya tidak ada di sana (penutupan),'' ucap Ranomi sebagaimana dilansir Reuters.

NOC*NSF memilih Ranomi karena prestasi moncernya di London. Ranomi menjadi Olimpian tersukses Belanda dengan meraih tiga emas nomor 50 meter, 100 meter, dan 4 x 100 meter gaya bebas putri.

Dalam pernyataan resmi federasi, Ranomi dipuji sebagai sosok yang mampu menginspirasi generasi muda Belanda. "Ini juga sesuai dengan moto Olimpiade London 2012, Inspire a Generation," tulis NOC*NSF.

Bagi publik Belanda, penunjukan Ranomi itu memang tepat. Sebab, sebelumnya, pada upacara pembukaan, komite memercayakan pembawa bendera kepada Dorian van Rijsselberghe. Seperti halnya Ranomi, Dorian juga peraih emas Belanda melalui olahraga layar putra.

Sepulang dari Olimpiade, Ranomi mendapat tugas lain. Dia menjadi duta Unicef. Organisasi di bawah PBB yang berfokus kepada perjuangan hak anak tersebut menilai, Ranomi cocok menjadi ikon karena prestasi besarnya di London 2012.

"Saya merasa menjadi bangian Unicef. Sebagai perenang, saya biasa pergi ke berbagai negara. Kadang saya melihat kondisi anak-anak di sana mengerikan," kata Ranomi kepada Tros TV.

"Saya ingin melakukan sesuatu, mencoba untuk memberikan kontribusi kecil kepada anak-anak. Saya ingin melihat mereka lebih baik," imbuhnya. (nur/c4/ttg)


RANOMI Kromowidjojo mendapat kehormatan besar dari Komite Olimpiade Belanda NOC*NSF (Nederlands Olympisch Comit-Nederlandse Sport Federatie) tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News