Rapor Jeblok DPU DKI Menuai Sorotan

Rapor Jeblok DPU DKI Menuai Sorotan
Rapor Jeblok DPU DKI Menuai Sorotan
PEMBERIAN rapor jeblok atas kinerja Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta terus bergulir di kalangan politisi Kebon Sirih. Pasalnya instansi yang menjadi tulang punggung pembangunan di Jakarta itu terbilang rendah dalam penyerapan anggaran. Padahal DPU DKI Jakarta belum lama ini terdapat pergantian kepala dinas yang bertujuan untuk membantu mewujudkan program-program unggulan Gubernur Joko Widodo (Jokowi).

Kalangan DPRD DKI Jakarta menilai bahwa keberadaan kepala DPU yang baru tidak membawa pengaruh besar dalam perbaikan kinerja. Akibatnya terdapat keinginan agar Gubernur Jokowi segera mengevaluasi kembali pejabat kepala DPU DKI saat ini, yakni Manggas Rudi Siahaan.

Keinginan tersebut muncul dari pernyataan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Sanusi. Menurut dia, DPU DKI mengelola anggaran sebesar Rp 7 triliun. Ironisnya hingga memasuki semester II tahun anggaran 2013, penyerapan dinas tersebut belum mencapai 10 persen. “Penyerapannya rendah sekali. Ini kepala dinasnya ngawur,” ujar dia, Selasa (4/6).

Ia juga mengungkapkan, di DPU DKI terdapat dana swakelola atau dana tidak terprediksi yang dianggarkan sebesar Rp 300 milyar, namun tidak ada dalam nomenklatur anggaran keuangan daerah. Keberadaan alokasi dana itu berpotensi membuka celah praktik korupsi dalam penggunaannya.

PEMBERIAN rapor jeblok atas kinerja Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta terus bergulir di kalangan politisi Kebon Sirih. Pasalnya instansi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News