Ratifikasi Konvensi Pemberantasan Terorisme Disetujui

Ratifikasi Konvensi Pemberantasan Terorisme Disetujui
Ratifikasi Konvensi Pemberantasan Terorisme Disetujui
JAKARTA - Komisi I DPR akhirnya menyetujui meratifikasi Konvensi ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) atau Pemberantasan Terorisme ASEAN. "Konvensi ini memberikan payung hukum bagi kerjasama anggota ASEAN dalam memberantas teroris di kawasan Asia Tenggara," kata anggota Komisi I DPR, Al Muzzammil Yusuf di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (9/3).

Menurut Muzzammil, Komisi I DPR sepakat untuk meratifikasi karena konvensi ini memberikan jaminan masing-masing anggota ASEAN untuk menjunjung prinsip kesetaraan kedaulatan, integritas teritorial, yurisdiksi, dan tidak campur tangan dalam urusan negara lain.

“Yang lebih penting konvensi ini menegaskan bahwa terorisme tidak boleh dikaitkan dengan agama tertentu dan memperkenalkan program rehabilitasi, agar pelaku tindak terorisme dapat kembali menjadi bagian masyarakat,” tegas politisi PKS ini.

Dikatakannya, keuntungan meratifikasi konvensi ini diantaranya setiap negara dapat saling tukar informasi intelijen terkait terorisme, saling memberikan bantuan hukum timbal balik, melaksanakan kewajiban ekstradisi, dan adanya kerjasama antar lembaga-lembaga penegak hukum.

JAKARTA - Komisi I DPR akhirnya menyetujui meratifikasi Konvensi ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) atau Pemberantasan Terorisme ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News