Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan Terakhir untuk Sang Suami, Pangeran Philip

Ratu Elizabeth II Berikan Penghormatan Terakhir untuk Sang Suami, Pangeran Philip
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Foto: Getty Images/townandcountrymag

jpnn.com, LONDON - Ratu Elizabeth II tampil di depan publik pertamanya sejak kematian suaminya, Pangeran Philip, Sabtu (17/4). Dia dan keluarganya memberikan penghormatan terakhir kepada Duke of Edinburgh itu.

Sang Ratu yang memakai gaun hitam berdiri sendiri saat upacara pemakaman dimulai di Kapel St George di Kastil Windsor.

Anggota keluarga yang hadir pada upacara ini dibatasi hingga 30 orang dan menjaga jarak karena aturan COVID-19.

Pemakaman ini dihadiri oleh pewaris takhta Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, tiga anak dan delapan cucu Philip lainnya, serta pasangan mereka kecuali Duchess of Sussex Meghan Merkel.

Tamu lainnya ialah anak-anak Putri Margaret dan empat anggota keluarga Mountbatten.

"Kami terinspirasi oleh kesetiaannya yang tak tergoyahkan kepada ratu kami, oleh pengabdiannya kepada bangsa dan persemakmuran, oleh keberanian, ketabahan dan keyakinannya," kata Dean of Windsor David Conner saat upacara pemakaman.

Topi angkatan laut dan pedangnya tergeletak di atas peti mati yang membawa jenazah Pangeran Philip.

Peti itu ditutupi bendera pribadi Duke of Edinburgh yang menampilkan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh dan garis-garis keluarga Mountbatten yang mewakili berbagai garis keturunan kerajaan Eropa.

Pangeran Philip menghabiskan hampir 14 tahun di Angkatan Laut Kerajaan dan menyaksikan aksi di Mediterania, Samudra Hindia, dan Pasifik selama Perang Dunia II. (abcnews/mcr9/jpnn)

Ratu Elizabeth II tampil di depan publik pertamanya sejak kematian suaminya, Pangeran Philip dan beri penghormatan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News