Ratu Inggris Jadi Pengamat Rapat Kabinet

Ratu Inggris Jadi Pengamat Rapat Kabinet
Ratu Inggris Jadi Pengamat Rapat Kabinet
LONDON – Momen yang bersejarah terjadi dalam rapat kabinet Inggris kemarin (18/12). Rapat cabinet itu dihadiri penguasa monarkhi Inggris Raya dan Persemakmuran Ratu Elizabeth II. Itu merupakan untuk kali pertama ratu Inggris menghadiri rapat kabinet selama lebih dari seabad terakhir atau sejak Ratu Victoria.

Ratu Elizabeth II sengaja hadir di Downing Street 10, kantor dan kediaman Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron di pusat Kota London, dalam rangkaian acara perayaan Diamond Jubilee atau ulang tahun berlian (60 tahun naik takhta). Ratu juga menerima hadiah plakat untuk menghormati 60 tahun naik takhta dari anggota kabinet.

Namun, penguasa 86 tahun tersebut tak terlibat dalam rapat kabinet itu. Ibunda Pangeran Charles alias Prince of Wales dan juga nenek Pangeran William alias Duke of Cambridge tersebut hanya menjadi pengamat.

Rapat kabinet Inggris biasanya berlangsung sekitar satu setengah jam. Tetapi, ratu hanya mengikuti selama sekitar 30 menit sebelum akhirnya pergi bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) William Hague untuk mengunjungi Deplu yang berada di sisi lain Downing Street.   

LONDON – Momen yang bersejarah terjadi dalam rapat kabinet Inggris kemarin (18/12). Rapat cabinet itu dihadiri penguasa monarkhi Inggris Raya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News