Ratusan Pelamar CPNS Tertipu, Calo Keruk Miliaran Rupiah

Ratusan Pelamar CPNS Tertipu, Calo Keruk Miliaran Rupiah
Tes CPNS dengan sistem CAT. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Ratusan pelamar CPNS di Gorontalo jadi korban penipuan calo. Dengan iming-iming mendapatkan NIP CPNS yang diteken Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno, calo CPNS ini berhasil mengeruk keuntungan miliaran rupiah.

"Ini sangat memprihatinkan. Karena korbannya sangat banyak. Bukan hanya satu dua kabupaten saja tapi se Provinsi Gorontalo," kata Karo Humas dan Protokol BKN Tumpak Hutabarat kepada JPNN, Kamis (19/2).

Dia menyebutkan, informasi penipuan CPNS ini langsung diterimanya dari petugas kepolisian daerah setempat.

"Rabu (18/2) sore, saya didatangi dua petugas dari Polres Bone Bolango minta saksi ahli BKN tentang pemalsuan SK yang ditandatangani Pak Eko Sutrisno (Kepala BKN). Korbannya sangat banyak dan pelakunya sudah ditangkap," beber Tumpak.

Diperkirakan korbannya ratusan. Masing-masing orang tertipu dan kehilangan uang antara Rp 50 juta sampai Rp 150 jutaan. "Calonya mengeruk untung miliaran rupiah dari para korban," ucapnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Ratusan pelamar CPNS di Gorontalo jadi korban penipuan calo. Dengan iming-iming mendapatkan NIP CPNS yang diteken Kepala Badan Kepegawaian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News