Ratusan Pemuda Diberi Modal 600 Ribu Yen

Ratusan Pemuda Diberi Modal 600 Ribu Yen
Muhaimin Iskandar. Foto: Dok

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, hari ini menyambut kepulangan 103 Pemuda Indonesia yang baru saja merampungkan program magang kerja di berbagai perusahaan di Jepang.

Selain mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja, para peserta magang tersebut juga memperoleh bantuan modal usaha mandiri sebesar 600.000 Yen. Program ini merupakan realisasi kerjasama pemerintah Indonesia-Jepang dalam beberapa tahun terakhir.

Muhaimin Iskandar mengatakan program pemagangan di dalam dan luar negeri menjadi salah satu cara mempersiapkan calon tenaga kerja berkualitas tinggi. Program pemagangan merupakan pelaksanaan konsep link and match.

"Konsep ini memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta memastikan lulusan pendidikan dan pelatihan kerja terserap dunia kerja," kata Muhaimin saat menyambut kedatangan ratusan peserta magang dari Jepang, di Cevest Bekasi,  Jumat (10/1).

Hadir dalam kesempatan ini Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona dan Direktur IM Japan perwakilan Jakarta Gitetsu Nishjima.

Dikatakan Muhaimin, dalam menghadapi AEC 2015 dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja yang terampil dan siap kerja dan melengkapi tenaga kerja dengan sertifikasi keahlian dan kompetensi kerja.

Penyiapan tenaga kerja, lanjutnya, harus didukung kurikulum pendidikan kerja yang sesuai dan selaras dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan pasar kerja. Kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang siap kerja dalam jumlah yang besar.

“Manfaat utama yang bakal dirasakan peserta program pemagangan ini, mereka punya kompetensi kerja yang profesional pada tingkat lebih tinggi dalam persaingan SDM di era globalisasi ini,” jelas Menteri dari PKB itu.

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, hari ini menyambut kepulangan 103 Pemuda Indonesia yang baru saja merampungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News