Ratusan Produk UMKM Binaan Pertamina Meriahkan Ajang The 21st China ASEAN Expo 2024

Ratusan Produk UMKM Binaan Pertamina Meriahkan Ajang The 21st China ASEAN Expo 2024
Produk UMKM binaan Pertamina (Ilustrasi). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina memamerkan ratusan produk dari 13 UMKM binaan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dalam ajang The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024), sebuah ajang yang diikuti oleh 10 negara ASEAN dan China.

Pameran hasil kesepakatan KTT China ASEAN ke-7 tersebut digelar pada 24–28 September 2024 di Nanning International Convention and Exhibition Centre (NICEC) Naning Guangxi, China.

Keikutsertaan Pertamina dalam pameran ini diharapkan bisa menjadi langkah strategis untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan di pasar internasional.

Adapun 13 UMKM binaan Pertamina yang memamerkan ratusan produknya di CAEXPO 2024 yaitu Fish Skin, Mutiara Gitbay, D'etnick Istana Mutiara, Evie Sobag, Loyok Kreatif, Persona Handicraft, Soulmate Bedsheet, Mandiri Craft, Dade Craft, Adhimas Handycraft, Woodeco, Bali Ayu dan Bali Pure.

"Setelah saya berkeliling melihat produk binaan Pertamina, saya bangga dengan Pertamina karena mendorong UMKM-nya untuk menjadi eksportir yang berdaya saing di luar negeri sehingga turut mendorong peningkatan ekonomi nasional," ujar Mardyana Listyowati, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan saat peresmian Indonesian Pavillion di China ASEAN Expo 2024.

Mardyana berharap Pertamina tetap melibatkan UMKM dan terus mendorong UMKM binaan menjadi garda terdepan bagi perdagangan Indonesia, khususnya di bidang ekspor.

Pertamina juga diminta untuk tidak hanya membina UMKM yang sudah ada, tetapi turut membina UMKM baru dan mendorong mereka menjadi eksportir yang lebih baik lagi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan apresiasinya atas inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para UMKM.

Keikutsertaan Pertamina dalam pameran ini diharapkan bisa menjadi langkah strategis mempromosikan produk-produk unggulan UMKM binaan di pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News