Ratusan Tabung Elpiji Rusak Disita

Ratusan Tabung Elpiji Rusak Disita
Ratusan Tabung Elpiji Rusak Disita
JOMBANG - Ratusan tabung elpiji kemasan 3 kilo gram yang rusak ditemukan beredar di agen dan pangkalan elpiji di Jombang. Hal itu terungkap kala digelar inspeksi mendadak oleh tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jombang Selasa (6/7). Tabung elpiji bermasalah tersebut langsung ditarik dan diamankan dari peredaran.

Inspeksi mendadak ini digelar oleh petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jombang di sejumlah agen dan pangkalan elpiji kemasan 3 kilogram, Sabtu lalu. Satu-persatu tabung elpiji diperiksa oleh petugas. Hasilnya, ratusan tabung elpiji 3 kilogram ini ditemukan dalam kondisi rusak. Mulai dari segel rusak, tabung penyok, hingga kebocoran tabung ditemukan dalam sidak tersebut.

Sejumlah tabung yang dicurigai telah aus. Juga ada pula tabung yang ditemukan bocor saat dilakukan pengujian dengan perendam dalam bak air. Seorang petugas agen elpiji di Desa Tambakrejo, Sony, mengaku banyaknya tabung yang rusak biasanya terjadi pada tutup regulator. Sehingga, bisa dimungkinkan adanya kebocoran gas. ""Selain itu, tabung juga mudah penyok dan di bagian sambungan tabung juga banyak yang sudah karatan. Tabung yang rusak tersebut akan dikembalikan ke pihak SPBE," katanya.

Selain agen elpiji, petugas juga melakukan sidak ke sejumlah pangkalan elpiji di kawasan Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang. Di tempat itu, petugas kembali menemukan sejumlah tabung elpiji dalam kondisi rusak. Selain itu, petugas juga memeriksa kelayakan selang dan perlengkapan elpiji lainnya.

JOMBANG - Ratusan tabung elpiji kemasan 3 kilo gram yang rusak ditemukan beredar di agen dan pangkalan elpiji di Jombang. Hal itu terungkap kala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News