Reformasi Polri Dinilai Masih Lamban

Reformasi Polri Dinilai Masih Lamban
Reformasi Polri Dinilai Masih Lamban
JAKARTA--Evaluasi Akhir Tahun 2011 Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan kinerja Polri pada 2011 sebenarnya relatif membaik jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Terutama setelah Polri berhasil mengungkap sejumlah kasus terorisme, narkoba, korupsi, dan kasus kriminal besar lainnya.

Ketua Presidium IPW Neta S. Pane, mengatakan dari sisi politik, di sepanjang 2011 Polri terlihat cukup netral. Setidaknya, kata Neta, netralitas tersebut terlihat dari sistem pengamanan yang dilakukan Polri dalam berbagai pilkada di sejumlah daerah.

"Namun dalam pengamanan pilkada, polisi terkadang lengah, deteksi dini dari intelijen tidak maksimal, sehingga proses pilkada sering diwarnai konflik dan anarkis," kata Neta, Jumat (23/12), di Jakarta.

Ia mengatakan, adanya kasus-kasus bentrokan polisi dengan rakyat di berbagai tempat seperti di Freeport, Mesuji maupun tempat lain, persepsi masyarakat terhadap Polri menjadi negatif. "Pemihakan yang berlebihan terhadap perusahaan-perusahaan besar yang dilakukan polisi-polisi yang bertugas di lokasi-lokasi pertambangan dan perkebunan membuat Polri tidak profesional dan tidak  proporsional," katanya.

JAKARTA--Evaluasi Akhir Tahun 2011 Indonesia Police Watch (IPW) menyatakan kinerja Polri pada 2011 sebenarnya relatif membaik jika dibanding tahun-tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News