Rektor Sebut STIPAN Jadi Ruang Megawati untuk Memajukan SDM Papua

Rektor Sebut STIPAN Jadi Ruang Megawati untuk Memajukan SDM Papua
Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) menggelar kuliah umum bertajuk Wawasan Kebangsaan. Foto: PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIPAN) menggelar kuliah umum bertajuk Wawasan Kebangsaan dengan menghadirkan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hasto hadir ke kampus STIPAN di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (9/10), sekitar pukul 14.00 WIB didampingi Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Syaiful Hidayat.

Rektor STIPAN Soni Sumarsono, Direktur Program Pascasarjana STIPAN Rajanner Simarmata, Kaprodi Program Pascasarjana STIPAN Marisa Permatasari, menjadi figur yang menyambut kehadiran Hasto. Ratusan mahasiswa dari STIPAN juga terpantau menyambut kehadiran Hasto, bahkan ada penyambutan dengan tarian asal Papua.

Hasto bersama rombongan kemudian memasuki ruangan acara. Kegiatan dimulai dengan menyanyikam Indonesia Raya tiga stanza.

Soni selanjutnya menyampaikan sambutan pembuka, dengan menyinggung soal mahasiswa STIPAN saat ini mayoritas berasal dari Papua.

Eks Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri itu mengatakan banyaknya mahasiswa dari Papua tidak lepas dari keinginan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) wilayah Timur Indonesia itu.

Awalnya, Soni mengatakan Papua menjadi daerah dengan persoalan SDM karena anak-anak dari pulau di Timur Indonesia itu sulit bersekolah sampai jenjang tertinggi.

Namun, katanya, anak-anak dari Bumi Cenderawasih punya keinginan mengenyam pendidikan sampai jenjang universitas.

Megawati menjadi sosok yang menyarankan STIPAN bisa menaruh soal berwawasan kebangsaan dalam visi kampus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News