Rektor UMS Diunggulkan Publik Masuk Kabinet Jokowi

Rektor UMS Diunggulkan Publik Masuk Kabinet Jokowi
Rektor UMS Diunggulkan Publik Masuk Kabinet Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Hasil riset IndoStrategi mengenai “Uji Publik Kandidat Menteri Jokowi-JK” menempatkan Prof Bambang Setiaji sebagai kandidat kuat untuk masuk dalam kabinet. Temuan ini semakit menguatkan posisi Bambang setelah sebelumnya Indonesian Research and Survei (IReS) dan Institute for Transformation Studies (Intrans) juga mengunggulkan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut.

"Kemampuan dan pengalaman Bambang dalam bidang pendidikan tak diragukan lagi. Sejak tahun 2005 jadi Rektor UMS, UMS maju dan dapat akreditasi A. Satu di antara sedikit PTS yang berakreditasi baik," kata Direktur IndoStrategi, Andar Nubowo DEA yang merilis temuannya di Hotel Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (03/10).

Riset IndoStrategi ini bersifat nasional dan menggunakan metode quesioner melalui telepon. Total responden adalah 380 tokoh yang terdiri dari birokrat, akademisi, profesional, dan aktivis. Riset dilaksanakan dari 21 September hingga 1 Oktober 2014.

Andar menjelaskan, 56 persen responden menilai Bambang Setiaji layak menduduki kursi menteri Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Ia mengungguli Prof. Yohanes Surya yang hanya mendapat 22 persen dan Prof. Ganjar Kurnia 11 persen. Sementara itu 11 persen lainnya menyatakan abstain.

Ditambahkan pula Andar bahwa responden menghendaki Menteri Dikti & Ristek adalah profesional murni. Diakuinya, ketiga nama-nama di atas adalah profesional murni dan merupakan praktisi pendidikan di Indonesia. Namun, Bambang yang paling dijagokan.

Temuan ini semakin menguatkan temuan-temuan hasil riset lembaga-lembaga lain sebelumnya yang juga mengunggulkan nama Bambang Setiaji dalam kapasitasnya untuk pengembangan Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Terlebih dalam riset ini, 40 persen responden berlatar belakang S3, 38 persen untuk S2 dan 22 persen untuk S1.

Direktur Eksekutif The Indonesian Institute, Raja Juli Antoni, Ph.D yang hadir dalam kesempatan tersebut, tak kaget dengan mencuatnya nama Bambang Setiaji. Karena menurutnya, Bambang berpengalaman, termasuk keberhasilannya dalam memimpin UMS.

"Bambang Setiadji seorang rektor yang berhasil membawa UMS. UMS universitas swasta yang bisa bersaing dengan perguruan tinggi negeri. Dengan modal skil dan akademiknya itu, (Bambang) bisa menjadi menteri yang efektif untuk membantu Jokowi dalam pemerintahannya,"  tandasnya.

JAKARTA - Hasil riset IndoStrategi mengenai “Uji Publik Kandidat Menteri Jokowi-JK” menempatkan Prof Bambang Setiaji sebagai kandidat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News