Reses, DPR Melancong ke Tiga Negara

Reses, DPR Melancong ke Tiga Negara
Reses, DPR Melancong ke Tiga Negara

jpnn.com - JAKARTA - Pada masa reses persidangan kali ini, Komisi I DPR RI menggelar sejumlah kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri. Ada tiga negara yang menjadi tujuan kunker tahun ini yaitu China, Korea Selatan dan Belanda.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menjelaskan, kunker ke Belanda dipimpin anggota Komisi I dari Fraksi Demokrat Yahya Sacawiria. Kunker ke Korea Selatan dipimpin anggota Komisi I dari Fraksi Golkar Tantowi Yahya. Sementara untuk kunker ke China akan dipimpin langsung oleh dirinya.

Lebih lanjut Mahfudz Menjelaskan, kunker ke Belanda dilakukan untuk memperkuat hubungan kerjasama, pertahanan maupun isu-isu penanganan persoalan Papua.

"Kunker ke Belanda dalam rangka kita ingin evalusi mengenai isu Papua," ujar Mahfudz Siddiq saat dihubungi wartawan, Senin (28/10).

Mahfudz mengatakan, parlemen RI ingin mendapat informasi dari Kedubes RI di Belanda mengenai penanganan isu Papua. Pasalnya, masalah ini telah menjadi sorotan internasional setelah organisasi Freedom Papua membuka kantor perwakilannya di Inggris dan Belanda.

Selain itu kata politikus PKS itu, kunker ke Belanda juga dalam rangka meningkatkan kerjasama bidang pertahanan. Mengingat selama ini Belanda memiliki sejumlah keunggulan dalam bidang alutsista, terutama kapal perang.

"Kita juga ingin melakukan pembicaraan lebih lanjut tentang kerjasama pertahanan dengan Belanda. Karena kan masih berpandangan alutsista matra laut, Belanda termasuk yang memiliki kapasitas bagus dalam kapal perangnya," paparnya.

Sementara kunker ke Korsel dalam rangka penyusunan RUU Penyiaran dan Lembaga Televisi dan Radio Republik Indonesia (LTVRI).

JAKARTA - Pada masa reses persidangan kali ini, Komisi I DPR RI menggelar sejumlah kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri. Ada tiga negara yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News