Rhenald Kasali: IQ Saja Tidak Cukup

Rhenald Kasali: IQ Saja Tidak Cukup
Rhenald Kasali: IQ Saja Tidak Cukup
DEPOK - Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyampaikan, untuk meraih keberhasilan dalam hidup, tidak cukup dengan mengandalkan IQ (intelligence quotient). Dia juga mengemukakan, bahwa berdasarkan beberapa studi, talenta hanyalah merupakan potensi. Makanya, salah besar kalau hanya mengandalkan potensi itu sebagai IQ.

Menurut Rhenald, talenta akan menjadi suatu kenyataan, sesuatu yang dapat digunakan, jika seseorang berhasil memperoleh pegangan kehidupan, pekerjaan, profesi, maupun segala sesuatu yang bersifat non-material. "IQ saja belum cukup, karena itu hanyalah sekadar talenta," katanya, saat memberikan paparan dalam Rembug Nasional Pendidikan 2010, di Pusdiklat Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Depok, Jawa Barat, Rabu (3/3).

Dijelaskan Rhenald, tugas universitas adalah menyelaraskan talenta dengan kesempatan. Tugas universitas pula untuk menjembatani keduanya. "Mahasiswa punya talenta, bakat, kemudian kita juga lihat pasar yang menginginkan," ujarnya.

Rhenald berpendapat, enterpreneurship bukanlah sekadar mencetak businessman dan usahawan, dalam kaitannya dengan transaksi finansial. Namun enterpreneur itu sifatnya generik. Dia menyebutkan, ada tiga komponen penting dalam enterpreneurship, yakni social enterpreneur, business enterpreneur dan performance enterpreneur.

DEPOK - Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyampaikan, untuk meraih keberhasilan dalam hidup, tidak cukup dengan mengandalkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News