RI Beli 16 Unit Pesawat Tempur Korsel

RI Beli 16 Unit Pesawat Tempur Korsel
RI Beli 16 Unit Pesawat Tempur Korsel
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berencana membeli pesawat tempur T-50 atau Light Fighter buatan Korea Selatan sebanyak satu skuadron atau 16 unit. Pembelian ini dilakukan dengan cara kerjasama antar kedua negara, di mana Korsel juga akan membeli pesawat jenis CN 235 produksi Indonesia. Penandatanganan kedua negara akan dilakukan besok antara Menhan RI dengan Menhan Korsel.

"Kita harapkan sebelum kabinet ini berakhir akan datang T-50 itu. Dan di sisi lain mereka bersedia membeli CN 235. Jadi kerja sama inilah yang kita harapkan terwujud konkrit, kita tidak hanya membeli tetapi kita tidak dapat apa-apa," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro pada wartawan di kantor Presiden, Kamis (8/9).

Rencana kerjasama pembelian alutsista tersebut kata Purnomo sudah termasuk dalam rencana kerja 2010-2015. Di dalam APBN telah diatur belanja modal untuk pengadaan dan peremajaan alutsista dialokasikan sebesar Rp150 triliun. Seluruh item-item kebutuhan alutsista yang akan dibeli dari APBN tersebut telah dilaporkan kepada Presiden SBY.

"Karena Pak SBY punya background militer, jadi beliau tahu persis keperluan AD, AL dan AU. Tadi sudah kita paparkan secara rinci dengan skala prioritas 1-3," katanya.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia berencana membeli pesawat tempur T-50 atau Light Fighter buatan Korea Selatan sebanyak satu skuadron atau 16 unit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News