RI Hentikan Ekspor Gas ke Singapura

RI Hentikan Ekspor Gas ke Singapura
RI Hentikan Ekspor Gas ke Singapura
JAKARTA - Pemerintah rupanya mulai sadar tentang pentingnya pemenuhan pasokan gas di dalam negeri. Setelah selama ini gemar mengekspor gas, kali ini pemerintah memutuskan untuk memprioritaskan pasokan domestik.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah sudah mengambil keputusan untuk menghentikan ekspor gas ke Singapura. "Hari ini ketika akan ada ekspor gas ke Singapura, saya katakan stop," ujarnya di Komisi VII DPR, Kamis (22/9).

Dalam rapat kerja kemarin, Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon meminta keterangan kepada Hatta Rajasa selaku ad interim menteri ESDM, terkait pengalihan jatah gas sebesr 100 juta kaki kubik per hari (mmscfd) untuk pembangkit listrik Muara Tawar milik PLN yang malah diekspor ke Singapura. "Gara-gara ini, PLN menanggung tambahan beban operasi Rp 6 triliun karena harus mengganti gas dengan BBM," katanya.

Menurut Effendi, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) selaku pemasok gas ke PLN mengaku tidak bisa berbuat banyak karena keputusan ekspor gas ke Singapura tersebut merupakan keputusan di tingkat pemerintah. "Kami ingin, yang seperti ini tidak terjadi lagi. Kebutuhan domestik, harus menjadi perioritas," katanya.

JAKARTA - Pemerintah rupanya mulai sadar tentang pentingnya pemenuhan pasokan gas di dalam negeri. Setelah selama ini gemar mengekspor gas, kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News