RI Sudah Tak Berdaulat Lagi

RI Sudah Tak Berdaulat Lagi
RI Sudah Tak Berdaulat Lagi
JAKARTA – Pengamat ekonomi dari Universitas Gajahmada, (UGM) Revrisond Baswir, menegaskan bahwa bahwa Indonesia tidak lagi berdaulat dalam mengatur perekonomian nasional. Semua sektor vital yang menyangkut hajat hidup orang banyak sudah dikuasai asing secara merajalela. “Sektor energi, perbankan, air, dan telekomunikasi, misalnya, mayoritas telah dikuasai oleh asing,” kata Refrisond Baswir, di Yogyakarta, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa (31/3).

Anehnya, lanjut Sonny, sapaan akrab Revrisond, para pembuat keputusan ekonomi amat puas dengan semua kebijakannya yang berakibat pada posisi anak bangsa dijadikan kaum pekerja.“Padahal, menjadi pekerja dan bukan pemilik merupakan penghinaan besar terhadap harga diri dan potensi bangsa Indonesia,” tregasnya.

Dalam situasi ekonomi dan kedaulatan bangsa yang carut-marut ini, tegas Sonny, hal terbaik yang harus dilakukan adalah kembali ke ekonomi konstitusi. “Paradigma pro-pasar yang selama ini dijadikan landasan kebijakan, harus diubah menjadi pro-rakyat. Dan, kesejahteraan sosial harus sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Jangan lagi ada pemisahan kebijakan,” usulnya. (fas/jpnn)

JAKARTA – Pengamat ekonomi dari Universitas Gajahmada, (UGM) Revrisond Baswir, menegaskan bahwa bahwa Indonesia tidak lagi berdaulat dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News