Ribuan Balita Rawan Gizi Buruk

Ribuan Balita Rawan Gizi Buruk
Ribuan Balita Rawan Gizi Buruk
BANDUNG -  Ribuan balita di Jawa Barat rawan mengidap gizi buruk. Pasalnya, sekitar 11,5 persen bayi yang lahir di Jabar memiliki berat badan kurang dari 2.500 gram. Dari perhitungan Pemprov Jabar, setidaknya 7.000 bayi memiliki berat badan rendah.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Daerah III Pemprov Jabar Aip Rifai, pada acara Workshop Penguatan Peran dan Fungsi Kelembagaan Keluarga Berencana di Daerah Guna Mencegah Ledakan Penduduk Tahun 2011, di Kantor Bappeda Jabar, Jalan Ir H Djuanda, Jumat (18/3).

Dia mengatakan, akibat memiliki bobot badan yang rendah, hal ini akan berakibat pada kualitas hidup mereka di masa datang. Menurutnya, dari hasil sensus penduduk dan riskesdas pada 2010 tercatat jumlah balita di Jabar sebanyak 26,7 juta.

Dari jumlah tersebut, kata dia, 17,9 persen menderita kurang gizi dan 5,4 persen menderita gizi buruk. "Dengan demikian setidaknya ada 5,5 juta balita yang dikhawatirkan tidak berkualitas di masa yang akan datang," ujarnya.

BANDUNG -  Ribuan balita di Jawa Barat rawan mengidap gizi buruk. Pasalnya, sekitar 11,5 persen bayi yang lahir di Jabar memiliki berat badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News