Ribuan Logistik Pemilu Hilang di Tiga Daerah

Ribuan Logistik Pemilu Hilang di Tiga Daerah
Ribuan Logistik Pemilu Hilang di Tiga Daerah

jpnn.com - JAKARTA - Ribuan logistik pemilu hilang dari tiga tempat penyimpanan di KPU Kota Medan (Sumatera Utara), KPU Kota Jayapura (Papua), dan KPU Sulawesi Tenggara.

Atas kondisi ini, KPU pusat mengaku segera melakukan langkah-langkah taktis, mengingat penyelenggaraan pemilu hanya tinggal tiga bulan lagi.

"Biro logistik lagi monitoring. Yang jelas ketika ada peristiwa, harus ada yang bertanggung jawab. Apa pun itu," ujar Komisioner KPU, Arief Budiman di Jakarta, Senin (6/1).

Sayangnya saat ditanya siapa yang bertanggung jawab atas hilangnya logistik pemilu di tiga KPU tersebut,  Arief mengaku belum dapat memberi informasi lebih jauh. Ia hanya menyatakan Biro logistik KPU akan melakukan pengecekan berdasarkan beberapa kriteria penyelidikan. Antara lain, mencari tahu terlebih dahhulu  apakah logistik hilang dari gudang yang disewa KPU, atau gudang milik KPU.

"Yang memroduksi kotak dan bilik suara itu kan KPU Provinsi. Kemudian dikirim ke kabupaten/kota. Makanya harus dicek dulu hilangnya di mana. Ketika dikirim dari provinsi ke kabupaten kota, atau sudah nyampai di kabupaten kota, terus hilang," katanya.

Atau bisa juga karena KPU tidak punya gudang, lantas logistik dititipkan di salah satu gudang milik perusahaan tertentu. Dan di gudang tersebutlah logistik dimaksud hilang.

Mengingat belum adanya hasil penyelidikan, Arief mengaku belum dapat memberitahu berapa kerugian yang dialami KPU akibat peristiwa kehilangan yang terjadi.

"Aku nggak hafal detailnya ada berapa (kotak suara dan bilik suara) yang hilang. Tapi memang cukup banyak. Yang jelas Pemilu harus tetap jalan. Nggak boleh karena ada sesuatu hal seperti ini, kemudian pemilu jadi terganggu. Sekarang sedang diinvestigasi siapa yang bertanggung jawab. Lalu solusi yang mereka tawarkan apa," katanya.

JAKARTA - Ribuan logistik pemilu hilang dari tiga tempat penyimpanan di KPU Kota Medan (Sumatera Utara), KPU Kota Jayapura (Papua), dan KPU Sulawesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News