Ribuan Pengawas TPS Sudah Mulai Bekerja Awal November

Ribuan Pengawas TPS Sudah Mulai Bekerja Awal November
Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Bawaslu Kabupaten Situbondo Sainur Rasyid. ANTARA/Novi Husdinariyanto (Bawaslu Situbondo).

jpnn.com - SITUBONDO - Ribuan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Situbondo 2024 mulai digerakkan memasuki awal November.

Menurut Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Bawaslu Kabupaten Situbondo Sainur Rasyid, jumlahnya mencapai 1.030 pengawas.

Mereka mulai digerakkan untuk bekerja mengawasi pelaksanaan pilkada setelah sebelumnya lulus rekrutmen PTPS yang dilakukan oleh Bawaslu.

"Pengumuman pengawas TPS dilaksanakan di masing-masing kecamatan pada Rabu (23/10), dan mereka akan ditempatkan di 1.030 TPS yang tersebar di 136 desa/kelurahan," ujar Sainur Rasyid di Situbondo, Jumat (25/10).

Dia mengatakan bahwa pengawas TPS akan dilantik pada 4 dan 5 November 2024 di masing-masing kecamatan. Selanjutnya mereka sudah mulai bertugas melakukan pengawasan.

Sainur Rasyid juga memaparkan tugas pengawas TPS yaitu memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara pada 27 November 2024 terlaksana sesuai dengan aturan perundangan-undangan.

Sedangkan masa kerja pengawas TPS, lanjut dia, yaitu sejak dilantik hingga tujuh hari setelah proses pemungutan dan penghitungan suara.

Pengawas TPS tidak hanya bekerja mengawasi saat pencoblosan, akan tetapi mereka juga melakukan pengawasan saat persiapan, distribusi undangan kepada pemilih, serta memastikan tidak ada atribut pasangan calon di sekitar TPS.

Ribuan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang direkrut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah mulai bekerja awal November ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News