Ridwan Kamil Wacanakan Ubah Kampung Kumuh Jadi Bagus, Kolaborasi Bareng Warga

Ridwan Kamil Wacanakan Ubah Kampung Kumuh Jadi Bagus, Kolaborasi Bareng Warga
Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Ismail (tengah). Foto: dokumentasi Tim RIDO

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) memiliki program Kampung Keren Jakarta.  

Program tersebut bertujuan menata kawasan kumuh yang ada di Jakarta, menjadi kampung sehat dan indah. 

Caranya adalah dengan membangun ulang kawasan kumuh dengan pendekatan high-density urban village yang lebih layak dan terintegrasi dengan fasilitas publik, termasuk peningkatan layanan infrastruktur dasar seperti air bersih, sanitasi, dan akses jalan. 

"Salah satu upayanya adalah dengan Jakarta Micro Upgrade, yaitu menempatkan seorang arsitek atau perencana di setiap kecamatan," ucap Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono Ismail dalam keterangannya, Jumat (4/10).

Ridwan Kamil, kata dia, akan bekerja sama dengan warga setempat untuk merancang solusi inovatif dalam memperbaiki kualitas lingkungan di kampung-kampung dengan kepadatan tinggi.

Selain itu, Cagub Jakarta nomor urut 1 itu juga berkomitmen untuk menyediakan hunian yang layak huni. 

Program tersebut ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan masyarakat kelas menengah.

“Kami juga sedang mengkaji dan mengkalkulasi kemungkinan penyediaan dana hibah untuk renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” kata dia.

Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) memiliki program Kampung Keren Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News