Rilis Laporan Keuangan Semester I 2024, VKTR Optimistis Kuartal III Bakal Lebih Moncer

Rilis Laporan Keuangan Semester I 2024, VKTR Optimistis Kuartal III Bakal Lebih Moncer
PT VKTR Teknologi Mobilitas/VKTR akan mengubah bus Transjakarta yang menggunakan mesin diesel menjadi listrik. ilustrasi. Foto : Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) mengumumkan laporan keuangan konsolidasi untuk semester I 2024 (1H24).

VKTR berhasil mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 409 miliar dengan peningkatan aset yang mencapai Rp 1.717 miliar pada periode tersebut.

Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono mengatakan meski terjadi kontraksi dalam penjualan, terutama pada segmen kendaraan listrik (EV) dan manufaktur suku cadang, hal ini sejalan dengan tren penjualan kendaraan nasional yang tercatat menurun sebesar 19% YoY, bahkan lebih dalam di segmen kendaraan komersial yang menurun sebesar 26% YoY menurut data Gaikindo.

Penurunan ini dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti periode politik dan kondisi makro global tidak menentu yang sangat mempengaruhi kondisi finansial dan perbankan, namun kata Gilarsi, VKTR tetap optimis dalam menjalankan bisnis yang unggul.

Pada sisi balance sheet, VKTR mencatat kenaikan total aset sebesar 3% menjadi Rp 1.717 miliar pada 1H24, menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

Meski terjadi peningkatan liabilitas sebesar 8% menjadi Rp 563 miliar akibat kenaikan utang usaha, VKTR tetap fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan.

Sebagai langkah strategis, VKTR telah memulai pembangunan fasilitas kendaraan listrik komersial berbasis Completely Knock Down (CKD) pertama di Indonesia melalui anak perusahaan VKTS di Magelang, Jawa Tengah.

VKTS saat ini masih dalam proses pembangunan secara Building + Utility, dan ditargetkan akan selesai pada Agustus 2024.

Secara keseluruhan, VKTR tetap berada di jalur untuk mencapai performa bisnis yang optimal, terutama sebagai pelopor di sektor kendaraan listrik komersial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News