Riset Salesforce: Perusahaan di Indonesia Berlomba-lomba Terapkan AI

Riset Salesforce: Perusahaan di Indonesia Berlomba-lomba Terapkan AI
Perusahaan penyedia layanan customer relationship management (CRM) berbasis artificial inteliigence (AI) Salesforce mengungkap hasil riset. Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia layanan customer relationship management (CRM) berbasis artificial inteliigence (AI) Salesforce mengungkap hasil riset terkait urgensi AI dalam dunia bisnis.

Hasilnya menunjukkan, AI generatif menjadi satu dari tiga prioritas bisnis teratas bagi 82% eksekutif perusahaan atau C-Suite di Indonesia.

“Riset mengindikasikan perusahaan-perusahaan yang belum mengimplementasikan AI berpotensi kalah dalam persaingan dengan mereka yang sudah melakukannya,” kata Iman Muhammad, Country Leader Indonesia Salesforce, Kamis (17/10).

Dia mengatakan hasil riset dari kurun waktu 22-24 Juli 2024 oleh Salesforce bersama YouGov melibatkan 207 pimpinan C-Suite di perusahaan-perusahaan besar serta memiliki sedikitnya 250 karyawan atau lebih menyebutkan sebanyak 50% telah memiliki strategi AI generatif yang jelas.

Sementara, 42% lainnya mengatakan tengah menyusun strategi AI generatif untuk bisnisnya.

"Saat ini perusahaan-perusahaan tengah berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam pengadopsian AI," sebutnya.

Hal ini menunjukkan gelombang perubahan penggunaan chabot  dan copilot ke penggunaan agen-agen AI otonom bisa datang lebih cepat.

Bahkan, saat ini disinyalir telah terjadi pergeseran besar menuju agentic systems.

Riset Salesforce menyampaikan perusahaan di Indonesia berlomba-lomba menerapkan AI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News