Riset: Serangan Udara Dua Capres Masih Berimbang

28 Tema Iklan Milik Prabowo, 27 Punya Kubu Jokowi

Riset: Serangan Udara Dua Capres Masih Berimbang
Riset: Serangan Udara Dua Capres Masih Berimbang

jpnn.com - JAKARTA - Selama masa kampanye pilpres 2014, ada 5.775 spot iklan TV capres yang tayang di televisi.

Sebanyak 2.900 spot iklan atau 50,2 persen menayangkan iklan pasangan capres yang diusung Partai Gerindra dan mitra koalisinya, Prabowo-Hatta, sedangkan sisanya, sebanyak 2.875 spot iklan atau sekitar 49,8 persen, menayangkan iklan capres yang didukung PDIP dan parpol koalisinya, Jokowi-Jusuf Kalla.

Iklan sebanyak itu terbagi dalam 55 tema iklan capres. Sebanyak 28 tema diproduksi oleh kubu Prabowo-Hatta, sedangkan kubu Jokowi-JK menampilkan 27 tema iklan TV.  

Demikian hasil monitoring dan riset Sigi Kaca Pariwara (SIGI) terhadap penayangan spot iklan TV (television commercial/TVC) yang masuk dalam kategori iklan kampanye capres-cawapres.

Monitoring dilakukan terhadap 13 stasiun TV nasional sepanjang hari selama periode kampanye pilpres mulai 4 Juni 2014 pukul 00.00 WIB sampai dengan 5 Juli 2014 pukul 24.00 WIB. Ke-13 televisi itu yakni RCTI, SCTV, Trans 7, Trans TV, Indosiar, TV One, Metro TV, ANTV, MNC TV, Global TV, TVRI, Kompas TV dan Net TV.

Direktur SIGI, Sapto Anggoro, menjelaskan dari kubu Prabowo-Hatta spot Iklan TV bertajuk ‘Garuda Merah’ menjadi tema iklan yang banyak ditayangkan, dengan frekuensi tayang mencapai 725 kali.  Sementara darikubu Jokowi-JK, tema yang paling banyak digeber adalah ‘Siapkah Kita?’ yang mendapat porsi penayangan sebanyak 335 kali.

"Yang menarik adalah, tidak semua iklan TV kubu Jokowi-JK sepertinya berasal dari kantong partai koalisi PDIP. Ada beberapa TVC yang terpasang atas nama gerakan relawan pendukung Jokowi dan JK. Ada Relawan Laskar Biji Kopi, yang membuat 3 tema iklan TV dan memasang 70 spot iklan TV. Itu sudah menyumbang 2,5% dari total seluruh total spot iklan TV kubu Jokowi-JK," ujar Sapto, Minggu (7/7).

Dari distribusi penyebaran iklan, hasil monitoring menemukan beberapa stasiun TV terlihat dominan menayangkan iklan salah satu capres, dan di lain pihak timpang memberi porsi tayangan bagi kubu sebaliknya.

JAKARTA - Selama masa kampanye pilpres 2014, ada 5.775 spot iklan TV capres yang tayang di televisi. Sebanyak 2.900 spot iklan atau 50,2 persen menayangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News