Rizal Ramli: Demokrat Tidak akan Peroleh Suara di Atas 20%

Rizal Ramli: Demokrat Tidak akan Peroleh Suara di Atas 20%
Foto: Raka Denny/Jawa Pos
JAKARTA - Blok ''P'' (Perubahan) siap menghadang pencalonan blok ''S'' (SBY) sebagai capres pada Pemilu 2009. Bakal capres Rizal Ramli, salah seorang penggagas blok alternatif itu, yakin Partai Demokrat sebagai partai utama blok ''S'' akan sulit mendapatkan mitra koalisi untuk mengajukan calon incumbent tersebut.

Menurut dia, Demokrat akan ditinggal oleh partai-partai lain jika Kalla benar-benar maju sebagai capres. Partai-partai yang selama ini bergabung dalam koalisi, kata Rizal, nanti lebih memilih Kalla ketimbang SBY. ''Blok 'J' (JK, Red) yang disokong Golkar itu lebih agresif dan lebih punya jaringan,'' ujarnya di Rumah Perubahan, Jakarta, Senin (2/3).

Dia optimistis, jika kondisi tersebut terjadi, capres dari blok ''P'' akan menjadi capres ketiga di luar blok ''J'' dan blok ''M'' (Mega). ''Yang jelas, blok 'S' tidak boleh dilanjutkan lagi, itulah tujuan dibentuknya blok perubahan ini,'' tegasnya.

Selain itu, mantan Menko Perekonomian era Gus Dur tersebut memperkirakan, Demokrat sebagai partai pengusung tidak akan mendapat suara di atas 20 persen seperti yang disyaratkan UU Pilpres untuk pengajuan capres. ''Partai penguasa itu di daerah sudah tidak mendapat dukungan,'' ujarnya.

JAKARTA - Blok ''P'' (Perubahan) siap menghadang pencalonan blok ''S'' (SBY) sebagai capres pada Pemilu 2009. Bakal capres Rizal Ramli, salah seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News