Rob Brandt Sebut Silat Berkembang Pesat di Eropa

Rob Brandt Sebut Silat Berkembang Pesat di Eropa
Ketua dari Persekutuan Silat Melayu Netherlands (PSMN) Rob Brandt. Foto: Humas PSMN

jpnn.com, JAKARTA - Silat sebagai satu di antara banyaknya kekayaan budaya di tanah air, ternyata terus mengalami perkembangan dan kemajuan di luar negeri, khususnya negara-negara Eropa.

Ketua dari Persekutuan Silat Melayu Netherlands (PSMN) Rob Brandt mengatakan kabar baik tersebut muncul karena antusias masyarakat Eropa yang memang tertarik dengan silat.

Rob Brandt menerangkan dirinya dan banyak rekannya terus mengembangkan silat dengan tujuan mulia agar silat terus maju karena memang istimewa.

“Kami mempunyai beberapa tujuan yang kami laksanakan. Saya ingin ilmu dan keahlian silat tradisional bisa dijalankan dengan baik serta terpelihara,” ujar Rob Brandt kepada wartawan di Jakarta, Minggu (7/7).

"Agar silat tradisional ini terpelihara dengan baik, maka harus, dilaksanakan dalam suatu tindakan nyata untuk adanya tingkatan sehingga lahirlah level guru muda dan pelatih," tutur Rob Brandt.

Peraih penghargaan-penghargaan dalam dunia persilatan ini menjelaskan betapa pentingnya silat.

“Yang penting adalah bagaimana agar orang-orang di Eropa ini juga harus mengetahui bahwa silat bukanlah hanya tentang pukulan dan tendangan saja, tetapi silat adalah suatu seni dan beladiri yang merupakan bagian dari keluhuran budaya dan keagamaan. Ini akan saya teruskan ke generasi yang akan datang," paparnya.

Lebih lanjut, Rob Brandt menyampaikan bahwa dalam perjalanan Silat Melayu Netherlands yang terus dikembangkannya, memang ada muncul suatu persoalan.

Silat ternyata terus mengalami perkembangan dan kemajuan di luar negeri, khususnya negara-negara di Eropa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News