Romney Menangi Debat yang Lebih Mirip Seminar

Romney Menangi Debat yang Lebih Mirip Seminar
Romney Menangi Debat yang Lebih Mirip Seminar
DENVER - Berbagai jajak pendapat memang menempatkan Mitt Romney sebagai pemenang debat pertama pemilihan presiden Amerika Serikat 2012  melawan incumbent Barack Obama yang berlangsung Rabu malam (3/10) waktu setempat di University of Denver. Tetapi, secara keseluruhan, debat edisi perdana di antara tiga seri yang diagendakan itu -dalam bahasa New York Times- "tak ubahnya seminar oleh seorang konsultan bisnis atau guru besar".

Sebab, sembari berulang-ulang menegaskan bahwa kebijakan mereka bakal mendongkrak taraf hidup kalangan kelas menengah, Romney maupun Obama tak menjelaskan secara komprehensif bagaimana tujuan itu bisa dicapai. Di podium, mereka lebih sibuk beradu argumentasi tanpa mampu mengoneksikan ide mereka ke warga Amerika Serikat (AS) yang akan memberikan suara pada 6 November.

Walhasil, polling yang dilakukan CNN/ORC International, CBS News, dan Google (selengkapnya lihat grafis) memang menempatkan Romney sebagai pemenang debat yang dimoderatori jurnalis senior Jim Lehrer tersebut. Namun, tetap saja itu bukan jaminan kandidat dari Partai Republik tersebut bakal melenggang menuju Gedung Putih.

Apalagi, berbagai jajak pendapat terakhir yang dihelat sebelum debat masih mengunggulkan Obama atas Romney di kisaran 49 persen berbanding 46 persen. Bahkan, di swing state (negara bagian "mengambang") seperti Ohio, margin-nya lebih besar lagi. Sejarah menunjukkan  kandidat yang unggul di jajak pendapat sebelum debat akan mulus melaju ke Gedung Putih. 

DENVER - Berbagai jajak pendapat memang menempatkan Mitt Romney sebagai pemenang debat pertama pemilihan presiden Amerika Serikat 2012  melawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News