Rp 70,7 Miliar Anggaran KPK Diblokir DPR

Jangan Sampai Permintaan Gedung Baru Dibarter Kasus Century

Rp 70,7 Miliar Anggaran KPK Diblokir DPR
Rp 70,7 Miliar Anggaran KPK Diblokir DPR
JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menemukan adanya usulan dana Rp 70,7 miliar untuk pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang masih diblokir. Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, mengungkapkan, anggaran itu terdiri dari pos anggaran untuk pembebasan lahan dan pembangunan fisik gedung.

Menurut Uchok, jika mengacu pada Keputusan Presidewn Nomor 32 Tahun 2011 tentang Rincian APBN tahun 2012 maka alokasi anggaran untuk KPK yang masih diblokir DPR itu terdiri dari anggaran pembebesaan lahan Rp 9,78 miliar. "Sedang pembangunan fisik gedungnya Rp 61,09 miliar," kata Uchok di Jakarta, Senin (25/6).

Menurutnya. dengan dihambatnya anggaran untuk pembangunan gedung KPK maka Komisi III DPR telah menunjukkan itikad tak baik terhadap upaya KPK untuk meningkatklan kinerja dalam pemberantasan korupsi. Semestinya, lanjut Uchok, Komisi III DPR tidak melakukan blokir anggaran.

"Kalau blokir tetap dilakukan, itu sama saja memperkuat persepsi publik bahwa Komisi III begitu benci terhadap KPK, karena kerja-kerja KPK selama ini yang justru banyak menanggap anggota dewan. Bokir itu sama saja DPR ingin menggerogoti kinerja KPK," tudingnya.

JAKARTA - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menemukan adanya usulan dana Rp 70,7 miliar untuk pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News