RRT Incar Investasi KA

RRT Incar Investasi KA
RRT Incar Investasi KA
JAKARTA - Tak hanya Jepang dan Prancis yang berminat mengembangkan bisnis kereta api (KA) di Indonesia. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) juga mengaku tertarik berinvestasi dalam sektor transportasi tersebut.

"Tiongkok berminat untuk investasi di bidang penerbangan dan infrastruktur kereta api, " ujar Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal usai menerima Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Zhang Qiyue, Senin (24/11).

Menurut dia, Tiongkok ingin membuka lebih banyak peluang usaha yang bisa mendongkrak perdagangan antar kedua negara. Tiongkok dan Indonesia menargetkan bisa meningkatkan neraca perdagangan hingga USD 30 miliar pada 2010.

Menhub menerangkan, salah satu alasan Tiongkok menanamkan investasinya di Indonesia adalah untuk mengganti pasar Amerika yang mulai tertutup akibat krisis global. Sebelumnya Amerika Serikat merupakan pasar tradisional yang sangat besar bagi produk maupun jasa Tiongkok. Namun dengan terjadinya resesi di negeri paman Sam itu, mereka mulai fokus melirik potensi pasar, perdagangan hingga investasi ke negara-negara lain. "Arus keluar masuk barang kini lebih ditingkatkan ke kawasan Asia," ungkapnya.

JAKARTA - Tak hanya Jepang dan Prancis yang berminat mengembangkan bisnis kereta api (KA) di Indonesia. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News