RSCM & RS Ngoerah Bali Lakukan Operasi Telerobotik Jarak Jauh Pertama di Indonesia

RSCM & RS Ngoerah Bali Lakukan Operasi Telerobotik Jarak Jauh Pertama di Indonesia
Sejarah baru dunia kedokteran Indonesia, operasi telerobotik jarak jauh RSCM & RS Ngoerah Bali berhasil dilakukan. Foto Mesya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Momentum bersejarah dalam dunia kedokteran telah terjadi, di mana para dokter ahli urologi melakukan operasi jarak jauh secara langsung atau live. Operasi telerobotic surgery atau operasi telerobotik tersebut dilakukan dari RS I.G.N.G. Ngoerah, Bali, kepada pasien RSCM Jakarta dengan jarak 1.200 kilometer. 

Para dokter yang menjalankan prosedur ini yaitu Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD; Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD; Prof. dr. Chaidir A. Mochtar, SpU(K-Onk), Ph.D; Prof. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS, SpU(K-Ped), FICS; dr. I Wayan Yudiana, Sp.U(K-Onk), Komite Urogical Association of Asia (UAA) 2024; dan dr. Fakhri Rahman, SpU(K), FICS, Komite UAA 2024. 

Mereka didukung juga oleh dokter anestesi, yaitu dr. Raihanita Zahra, SpAn-TI, Subsp.An.Ped.(K) dan dr. R Besthadi Sukmono, SpAn-TI, Subsp.An.R(K).

"Momentum ini akan menandai langkah besar untuk kemajuan teknologi kesehatan di Indonesia, di mana ke depannya operasi telerobotik diharapkan mengatasi berbagai keterbatasan yang ada di bidang bedah," kata Direktur Utama RSCM dr. Supriyanto Sp.B, FINACS, M.Kes., dalam konferensi pers yang dihadiri Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Jumat (30/8). 

Operasi telerobotik adalah sebuah metode bedah jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi robotik dan jaringan nirkabel. Hal ini akan memungkinkan dokter bedah untuk melakukan tindakan operasi terhadap pasien secara jarak jauh dan real-time, termasuk untuk kasus-kasus urologi, bedah digestif, dan lain-lain. 

Teknologi ini akan mengatasi beberapa permasalahan, khususnya kendala geografis, sehingga layanan kesehatan ke depannya bisa diberikan secara merata ke tempat-tempat jauh atau yang aksesnya sulit. 

"Namun, sebelum itu terwujud, tentunya dibutuhkan kepercayaan yang besar dari masyarakat akan manfaat dan keberhasilan bedah telerobotik ini sehingga perlu adanya edukasi secara terus menerus," ucapnya.

Direktur Utama RS I. G. N. G. Ngoerah, Bali, dr. I Wayan Sudana, M.Kes, turut menambahkan pihaknya mendukung upaya pengadaan teknologi kesehatan, termasuk operasi telerobotik ini. Hal ini menjadi kebanggaan karena menjadi bagian dari operasi telerobotik pertama yang dilakukan secara mandiri di Indonesia. 

Sejarah baru dunia kedokteran Indonesia, operasi telerobotik jarak jauh RSCM & RS Ngoerah Bali berhasil dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News