Rumah Pintar di Kereta Api

Rumah Pintar di Kereta Api
ILMU - SBY dan Ani Yudhoyono bersama anak-anak di 'Stasiun Ilmu' yang baru diresmikan. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Cita-cita besar reformasi di dunia perkeretaapian ialah membikin 'rumah pintar' di stasiun kereta api (KA). Sasaran uatamanya membuat  'stasiun ilmu'. Salah satunya adalah proyek  KA Tanjung Priok, sebagaimana yang ditinjau Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama rombongan, Selasa (28/4).

Di samping membikin pelayanan yang nyaman bagi penumpang, anak-anak kawasan KA dan pegawai di sana bisa mengikuti pendidikan di rumah pintar Stasiun Ilmu tersebut. Di lokasi percontohan yang ditinjau SBY dan Ani Yudhoyono di Stasiun Tanjung Priok itu, tampak anak-anak sibuk belajar sambil bermain ala pendidikan taman kanak-kanak (TK).

Menurut Menhub Jasam Syafei Jamal, peresmian peremajaan Stasiun KA Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/4), dilakukan setelah sejak 2001 lalu tak beroperasi lagi. Stasiun yang sangat megah itu, kini sudah direstorasi dan diremajakan oleh pemerintah melalui Dephub. Dirut PT KA Ignasius Jonan menambahkan, bahwa pekerjaan gedung telah selesai pada akhir 2009 lalu, namun hingga kini masih dilanjutkan pembangunan jalurnya.

Sementara itu, arah lalu lintas KA Tanjung Priok, yaitu dari Tanjung Priok lewat Ancol hingga Jakarta kota, itu dulunya hanya tunggal sepanjang 9 km. Namun sejak 13 April 2009, pihak PT KA memaparkan bahwa mereka sudah mengoperasikan satu lagi perjalanan KA antar kota, yaitu KA Ekonomi Kertajaya jurusan Tanjung Priok-Surabaya Pasar Turi.

JAKARTA - Cita-cita besar reformasi di dunia perkeretaapian ialah membikin 'rumah pintar' di stasiun kereta api (KA). Sasaran uatamanya membuat 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News