Rumput Laut Gaet Investasi Rp 165 M

Rumput Laut Gaet Investasi Rp 165 M
Rumput Laut Gaet Investasi Rp 165 M
JAKARTA - Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan melakukan hilirisasi rumput laut telah berdampak positif pada sektor bisnis. Tahun ini, program hilirisasi rumput laut mulai menarik pemodal dengan peningkatan investasi yang akan dilakukan empat perusahaan mencapai Rp 165 miliar. 

Investasi ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak 643 orang. Hal itu diutarakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo ketika membuka International Seaweed Symposium (ISS) ke-21 di Bali, Senin (22/4).

”Kebijakan hilirisasi rumput laut merupakan upaya KKP untuk menampung produksi rumput laut yang terus meningkat. Program ini sekaligus guna meningkatkan nilai tambah melalui kegiatan pengolahan, sehingga rumput laut tidak hanya diekspor dalam bentuk rumput laut kering,’’ jelas Cicip.

Pengembangan dan penguatan industri rumput laut memiliki keunggulan komparatif tinggi. Apalagi, Indonesia memiliki sumber daya dan keragaman rumput laut yang melimpah. Industrialisasi rumput laut tidak hanya sebatas untuk meningkatkan devisa negara, tetapi juga untuk memberikan lapangan pekerjaan.

JAKARTA - Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan melakukan hilirisasi rumput laut telah berdampak positif pada sektor bisnis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News