Rusia Bangun Rel Kereta Batubara di Kaltim

Rusia Bangun Rel Kereta Batubara di Kaltim
Rusia Bangun Rel Kereta Batubara di Kaltim
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kalimantan Rail PTE Ltd asal Rusia, untuk pembangunan jaringan rel kereta api sepanjang 160 km. Proyek jaringan kereta api yang melintasi Kabupaten Paser, Penajam Pasir Utara (PPU), serta Balikpapan bernilai USD 2,4 miliar tersebut diharapkan bisa mulai dibangun tahun 2013.

Pembangunan rel kereta api itu dimaksudkan untuk mengangkut batubara. Sementara angkutan penumpang dinilai masih tak memungkinkan sebab tak menguntungkan dari segi bisnis.

"Kereta api yang fokus mengangkut penumpang, di dunia tidak ada yang untung. Paling banter sama. Makanya harus ada subsidi silang misalnya dengan angkutan barang atau batubara," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Tundjung Inderawan ditemui selepas menyaksikan penandatanganan MoU di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (7/2).

Solusi terbaiknya, lanjut Tundjung, di tengah rutinitas mengangkut batubara, perusahaan memberikan jadwal khusus untuk mengangkut penumpang. Langkah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar atau Corporate Social Responsibility (CSR).

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kalimantan Rail PTE Ltd asal Rusia, untuk pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News