Rute Kargo Cicurug-Jakarta Dibuka

Rute Kargo Cicurug-Jakarta Dibuka
Rute Kargo Cicurug-Jakarta Dibuka
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (persero) segera buka rute baru. Perusahaan BUMN itu butuh waktu satu sampai dua tahun untuk mengubah fungsi rute Cicurug-Jakarta yang semula untuk transportasi penumpang menjadi kargo. Dana yang dibutuhkan untuk alihfungsi sedikitnya Rp 100 miliar per kilometer rel oleh pemerintah.

’’Sebelumnya rute Cicurug (Sukabumi) menuju Jakarta Kota itu untuk penumpang, tetapi tidak maksimal karena hanya satu trip sehingga boleh kita manfaatkan juga untuk kargo,’’ kata Dirut PT KAI Ignatius Jonan setelah penandatanganan kerjasama dengan PT Tirta Investama untuk pengangkutan kargo di Jakarta, Jumat (9/12).

Dia menyebutkan saat ini kondisi rel memang hanya mampu menahan beban penumpang bukan kargo. Karena itu, pemerintah melalui dana APBN untuk memperkuat rel dan tiga jembatan yang dilalui.

Menurut Jonan, Cicurug dekat dengan pabrik PT Tirta Investama (Aqua) sehingga dia menyambut baik kerjasama pihaknya dengan Aqua. ’’Pabrik dekat sekali dengan stasiun sehingga pengangkutan kargo ke Jabodetabek bisa lebih cepat dan mengurangi polusi kendaraan truk kargo,’’ kata Jonan. Dia mengaku saat ini juga mencari skim yang tepat sehingga baik PT KAI atau PT Tirta Investama sama-sama untung. ’’Pokoknya tidak merugi, kami siap,’’ ujarnya.

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (persero) segera buka rute baru. Perusahaan BUMN itu butuh waktu satu sampai dua tahun untuk mengubah fungsi rute

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News