RUU Jalan Dorong Pemerintah Membuat Banyak Jalan

RUU Jalan Dorong Pemerintah Membuat Banyak Jalan
RUU Jalan Dorong Pemerintah Membuat Banyak Jalan
JAKARTA - Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Jalan yang diusulkan Komisi V DPR RI akan mendorong pemerintah untuk membuat jalan sebanyak-banyaknya. Menurut Tri Santoro, pakar jalan dari Universitas Trisakti, semangat RUU Jalan untuk memperkuat prasarana ekonomi dan publik aset.

"Umur jalan itu hanya satu tahun kalau diaspal. Makanya, tiap tahun harus ada anggaran pemeliharaan jalan agar jalan rusak bisa diminimalisir," kata Tri Santoro di Jakarta, Minggu (20/11).

Dijelaskannya, Indonesia merupakan negara kaya. Tapi rakyat menjadi susah karena jalannya banyak yg rusak. Mengapa demikian? "Karena bagaimana bisa investor mau berinvestasi kalau jalannya jelek. Jalan rusak bisa menimbulkan biaya ekonomi tinggi, makanya investor ogah masuk," ucapnya.

Di dalam RUU Jalan, terang Tri Santoro, akan mencegah kerusakan dini. Di mana pejabat yang berhubungan dengan kerusakan jalan harus bertanggung jawab termasuk pemberian pidana.

JAKARTA - Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Jalan yang diusulkan Komisi V DPR RI akan mendorong pemerintah untuk membuat jalan sebanyak-banyaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News