Saatnya Menakertrans Dievaluasi

Saatnya Menakertrans Dievaluasi
Saatnya Menakertrans Dievaluasi
JAKARTA—Penyiksaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri kembali terjadi. Penyiksaan terhadap TKW Sumiati di Arab Saudi, dinilai sudah diluar batas kemanusian. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun diminta segera melakukan evaluasi terhadap kerja dan kinerja para menteri yang terkait dengan nasib pahlawan devisa ini.

‘’Karena kasus ini sebenarnya hampir sama dengan kasus-kasus sebelumnya yang menimpa TKI kita. Substansinya, banyak hak-hak tenaga kerja kita tidak dihargai dan sudah seharusnya kerja para menteri terkait, segera dievaluasi Presiden,’’ tegas Anggota Komisi IX Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP), Rieke Dyah Pitaloka saat dihubungi JPNN di Jakarta, Senin (16/11).

Dyah mengatakan, Presiden SBY tidak cukup hanya berpidato menyampaikan rasa simpati dan mengirimkan tim langsung ke Arab Saudi. Namun Presiden harus melakukan intropeksi sekaligus evaluasi terhadap kinerja bawahannya yang kembali kecolongan dengan kasus Sumiati.

Diantara menteri yang dinilai patut bertanggungjawab adalah Kementrian Tenaga Kerja, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Hukum dan HAM, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)  dan Kementrian Dalam Negeri.

JAKARTA—Penyiksaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri kembali terjadi. Penyiksaan terhadap TKW Sumiati di Arab Saudi, dinilai sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News