Sabang Ingin Tumbuh Seperti Kuala Lumpur

Sabang Ingin Tumbuh Seperti Kuala Lumpur
Sabang Ingin Tumbuh Seperti Kuala Lumpur
SABANG - Pemerintah pusat telah menyetujui pembentukan Kota Sabang di Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam  (NAD) sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas (free trade zone). Targetnya, Sabang tumbuh menjadi kawasan ekonomi seperti halnya Batam di Kepulauan Riau.

Syukur-syukut, Sabang bisa melejit dan menjadi seperti Kuala Lumpur. "Kita bayangkan Sabang 70 tahun ke depan seperti Kuala Lumpur saat ini," ujar Puddu Razak, pelaksana tugas Deputi Bidang Teknik dan Pengembangan pada Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) di Sabang, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Minggu (20/2).

Dijelaskannya, dengan ditetapkannya Sabang sebagai FTZ maka BPKS sebagai pengelola tengah merampungkan sejumlah infrastruktur pelabuhan bebas internasional yang kini tengah dalam pengerjaan. "Nantinya kami tidak akan bersaing dengan pelabuhan domestik, tapi kami akan bersaing dengan pelabuhan Internasional di seperti Singapura," tambahnya.

Mimpi menyaingi Kuala Lumpur ini memang terdengar muluk. Namun dengan kemudahan investasi satu atap dan pelabuhan bebas tanpa pajak bulan, bukan tidak mungkin kawasan ini tumbuh menjadi zona industri paling maju. Terlebih lagi, Sabang berada pada gerbang utama menuju Selat Malaka.

SABANG - Pemerintah pusat telah menyetujui pembentukan Kota Sabang di Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam  (NAD) sebagai kawasan perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News