Sabu Sabu asal China Banjiri Jakarta

Sabu Sabu asal China Banjiri Jakarta
Sabu Sabu asal China Banjiri Jakarta

jpnn.com - BUKAN hanya bus produk China yang banyak di Jakarta. Tetapi narkoba juga, terutama jenis sabu-sabu. Narkoba asal Negeri Tirai Bambu itu diduga mulai mendominasi pasaran barang haram di Indonesia, khususnya di Jakarta. 

Badan Narkotika Nasional (BNN), kemarin (17/2), mengungkap salah satu sindikat asal Aceh yang menyelundupkan sabu sabu produk Guangzhou, China. "Sabu sabu asal Ghuangzhou memang lagi digemari. Menurut mereka (pemakai/pecandu narkoba) efeknya lebih hebat, lebih tahan lama, dan tidak membuat pusing," ungkap Deputi Pemberantasan BNN Deddy Fauzi Elhakim. 

Padahal sabu sabu asal Goangzhou harganya tiga kali lipat, lebih mahal di pasaran dibandingkan dengan sabu sabu biasa yang kebanyakan berasal dari Iran atau Afrika Barat. Sabu sabu asal Guangzhou juga terungkap dalam kasus penyelundupan sabu-sabu berjumlah besar oleh pihak Bea Cukai dan Polri. 

Hal itu menunjukkan betapa gencarnya sabu sabu asal China itu masuk ke Indonesia. "Barang bukti yang kami sita tepatnya sebanyak 5.074,1 gram Jakarta memang tujuan utama daerah pemasaran sindikat asal Aceh ini. Selebihnya, ke kota-kota besar di Indonesia," papar deddy. 

Ia menjelaskan, kasus itu berdasarkan laporan mengenai penyelundupan narkoba dari Malaysia ke Aceh. Pihaknya pun bergerak cepat dengan membentuk tim untuk penyelidikan mendalam. Petugas BNN langsung berkoordinasi dengan pihak Dirjen Bea dan Cukai Medan. Pihak Kanwil DJBC Medan kata Deddy menyediakan kapal untuk BNN sebagai transportasi patroli terselubung di laut.

"Tim BNN mendapatkan informasi adanya rencana transaksi narkoba di sebuah kawasan Aceh Timur. Tim BNN langsung melakukan pantauan dan berhasil mengintai dua mobil yang sedang berhenti dan saling berhadap-hadapan di pinggir jalan kawasan Darul Aman Aceh," ungkap Deddy.

Deddy mengatakan, seseorang dari mobil Mitsubishi Lancer (MS) menyerahkan tas kepada seorang pria yang berada di mobil Suzuki Swift. Petugas BNN yang telah mengintai segera mendekati kedua mobil tersebut. Saat itulah mobil disergap. 

Karena panik, pria dari mobil Suzuki Swift (SB) melemparkan sebuah tas dan mengemudikan mobil dengan kencang, sementara pengemudi Lancer telah lebih dahulu melarikan diri. Aksi kejar-kejaran pun tidak terelakkan untuk menghentukan kedua mobil tersebut. 

BUKAN hanya bus produk China yang banyak di Jakarta. Tetapi narkoba juga, terutama jenis sabu-sabu. Narkoba asal Negeri Tirai Bambu itu diduga mulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News