Saling Serang Dua Tim Ofensif

Saling Serang Dua Tim Ofensif
AGRESIF - Para pemain Jerman saat merayakan gol mereka ke gawang Argentina, dalam laga 3 Juli lalu di Stadion Greent Point, Cape Town. Foto: Getty Images/FIFA.com.
DI antara negara-negara elite Eropa, hanya Spanyol yang belum pernah menembus semifinal Piala Dunia. Di PD ke-18 ini, mereka tidak saja sukses lolos ke empat besar untuk kali pertama, tapi juga diunggulkan untuk bablas menjadi juara. Sebelum bicara soal gelar perdana, mereka harus melewati hadangan Jerman yang tengah mengejar trofi keempat (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Ini bukan persoalan mudah. Sebab, meski di pertemuan terakhir di Euro 2008 silam Spanyol sukses mempecundangi Jerman, kondisi terkini kedua tim sangat jauh berbeda. Kubu Spanyol masih mengandalkan nama-nama lama yang bersinar di Euro. Sedangkan Jerman, yang dipaksa memainkan penggawa-penggawa muda penuh pengalaman ternyata mampu membuat kejutan dengan mempermalukan Inggris dan Argentina dengan skor telak.

"Jerman memang jauh berbeda sekarang. Mereka lebih fresh, lebih bertalenta. Dalam permainan, mereka tidak lagi mengedepankan segi fisik, tapi lebih mengandalkan taktik," ulas gelandang Spanyol Xavi Hernandez kepada AS. "Kami harus sangat mewaspadai ancaman dari (Sami) Khedira, (Mesut) Ozil, dan (Bastian) Schweinsteiger," lanjutnya.

"Sudah pasti, mereka jauh lebih bagus daripada Paraguay. Tapi, kami sudah mencetak sejarah dengan melaju ke semifinal, dan kami tidak ingin berhenti di sini. Skuad yang sekarang adalah generasi emas Spanyol, dan kami harus menjadi juara," tegas gelandang Barcelona tersebut.

DI antara negara-negara elite Eropa, hanya Spanyol yang belum pernah menembus semifinal Piala Dunia. Di PD ke-18 ini, mereka tidak saja sukses lolos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News