Samakan Penanganan Arus Mudik dan Balik

Kemenhub Kesulitan Tahan Operasional Truk

Samakan Penanganan Arus Mudik dan Balik
Samakan Penanganan Arus Mudik dan Balik

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku sudah siap menyambut arus balik mudik Lebaran 2013. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, penanganan arus balik tetap sama dengan penanganan ketika arus mudik.

"Kami tetap siap. Penangan arus balik sama dengan waktu mudik. Semua tetap siap siaga," ujar Mangindaan di Jakarta, Sabtu (10/8).

Menurutnya, Kemenhub juga akan mengerahkan personel Dinas Perhubungan (Dishub) dalam menghadapi arus balik. Apalagi, waktu operasi truk besar juga sudah mulai aktif saat arus balik.

"Kami akan menjaga (arus balik) sedemikian rupa. Memang kami sudah mengimbau sejak H+1 agar jangan dulu ada truk yang beroperasi. Tapi kita tidak dapat menahan semua itu, apalagi ini juga terkait roda perekonomian masyarakat. Jadi sebagian (truk, red) kami lepas, sebagian kami tahan," tuturnya.

Mangindaan menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi para pemudik, terutama pengguna kendaraan roda dua. Sebab menurutnya, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tahun ini lebih tertib dibanding tahun lalu.

"Sebagian besar (pemudik) lebih disiplin dan mau saat kita salurkan ke jalan alternatif. Memang masih ada yang nakal dengan melawan arus, tapi sebagian besar mau mematuhi aturan karena sadar akan pentingnya keselamatan," pungkas mantan Gubernur Sulut ini. (ian/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku sudah siap menyambut arus balik mudik Lebaran 2013. Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) EE


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News